20130219 | 16.12 | 0 Comments

Mewaspadai Lemak Trans

Bahaya Lemak Trans


Lemak trans adalah  jenis lemak yang buruk untuk kesehatan sebab dapat mengikis kolesterol yang baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Lemak trans berakibat lebih buruk dibandingkan daripada lemak jenuh. Oleh sebab itu, dianjurkan asupan lemak trans di bawah 1% atau setara dengan 2-3 gram sehari.

"Lemak trans" merupakan lemak tambahan yang terbentuk saat proses hidrogenasi.  Proses hidrogenasi adalah proses mengubah minyak cair menjadi lemak padat sehingga dapat meningkatkan kerenyahan dan stabilitas rasa.

Beberapa jenis margarin, goreng-gorengan, biskut atau crackers, kue dan kudapan,  donat, kue tart, semua jenis makanan yang digoreng dengan minyak yang telah dihidrogenasi, adalah sumber makanan yang mengandung lemak trans.

Lemak trans dapat menaikkan kadar kolesterol jahat sehingga berisiko menyumbat pembuluh jantung. Jika dibanding dengan  lemak jenuh lainnya lemak trans adalah jenis lemak terburuk. Meskipun lemak jenuh yang biasanya terdapat pada mentega atau keju meningkatkan kadar kolesterol total, tetapi lemak trans lebih buruk lagi yaitu menguras kolesterol baik HLD, yang membantu melindungi dari penyakit jantung.

Semakin keras atau kaku suatu lemak, maka semakin beresiko menyumbat pembuluh darah. Lemak trans bisa menghambat pembuluh darah yang berfungsi menyuplai  jantung dan otak, sehingga bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Mulai dari sekarang terapkan pola hidup sehat.  Perbanyak makan sayuran dan  buah-buahan. Batasi makanan yang mengandung lemak trans.

(mediaindonesia.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright cookies sehat | cemilan sehat © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.